Senin, 09 November 2015

Softskill - Bab 1 " Perilaku Konsumen "

Nama     : Putri Juliana
Kelas     : 3EA27
NPM     : 17213013 

Perilaku konsumen, Edisi Kedelapan,  Schiffman & Kanuk
BAB 1

Gambaran pembuka :
Pendahuluan: Dampak Revolusi Digital pada Perilaku Konsumen
1.      Tujuan dari One-to-One Marketing
-          Untuk mendapatkan pelanggan
-          Menjual lebih banyak produk
-          Membuat keuntungan

2.      Revolusi di Pasar Digital
-          Memungkinkan kustomisasi produk , layanan , dan pesan promosi tidak seperti
sebelumnya.
-          Meningkatkan hubungan pelanggan dengan lebih efektif dan efisien

3.      Perubahan Iklim Usaha
-          Peningkatan konsumsi daya
-          Akses terhadap produk dan layanan informasi ini lebih
-          Pertukaran dan instan interaktif
-          Bagi nasabah akses dan pilihan kita
-          Evolusi ke luar:
a.       Harus terkoneksi ke internet
b.      PDAs
c.       HDTV
d.   Telepon genggam



4.      Perilaku Konsumen
Perilaku yang konsumen menampilkan dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk dan jasa yang mereka mengharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka .
5.      Barang Pribadi
Individu yang membeli barang dan jasa untuk penggunaan nya sendiri, untuk keperluan rumah tangga, untuk penggunaan seorang anggota keluarga, atau untuk seorang teman.

6.      Organisasi konsumen
Bisnis, badan pemerintah, atau lembaga lainnya ( keuntungan atau ) gratis yang membelibarang, layanan, dan / atau peralatan yang diperlukan untuk organisasi untuk berfungsi.

7.      Perkembangan konsep pemasaran
-          Konsep produksi
-          Konsepproduk
-          Konsepmenjual
-          Konseppemasaran

8.      KonsepProduksi
-          Menganggap bahwa para konsumen tertarik terutama di ketersediaan harga produk di bawah 
-          TujuanPemasaran :
1.  Murah, Efisienproduksi
2. Intensifdistribusi
3. Pasarekspansi

9.      KonsepProduk
-          Menganggap bahwa para konsumen akan membeli produk yang menawarkan merekakualitas tertinggi , sebaik mungkin , dan yang paling fitur
-          TujuanPemasaran :
1. Peningkatanmutu
2. PenambahanFitur
-          Kecenderungan pemasaran miopia

10.  KonsepPenjualan
-          Menganggap bahwa para konsumen kecil kemungkinan untuk membeli sebuahproduk kecuali mereka yang agresif dibujuk untuk melakukannya
-          TujuanPemasaran :
1. Menjual, menjual, menjual
-          Kurangnya perhatian untuk pelanggannya kebutuhan dan kepuasan

11.  KonsepPemasaran
-          Mengasumsikan bahwa untuk menjadi sukses , perusahaan harus menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran tertentu dan selamatkanlah satisfactions yang diinginkan lebih baik dari kompetisi
-          TujuanPemasaran :
1. Keuntungan melalui kepuasan pelanggan

12.  Para pemimpin pengusaha yang memahami perilaku konsumen
-          Alfred sloan, general motors
-          Kolonel sanders, KFC
-          Ray Kroc, McDonald’s


13.  KonsepPemasaran
Sebuah consumer-oriented filsafat yang menunjukkan bahwa kepuasan kebutuhan konsumsi yang menyediakan fokus bagi pengembangan produk dan strategi pemasaran untuk mengaktifkan perusahaan untuk memenuhi sendiri tujuan organisasi.

14.  Pelaksanaan konsep pemasaran
-          Riset Konsumen
-          Segmentasi
-          Penargetan
-          Posisi

15.  RisetKonsumen
Proses dan alat bantu yang digunakan untuk mempelajari perilaku konsumen.
DuaPerspektif
1. Pendekatan Positivis
2. Pendekatan interpretivist

16.  Segmentasi, menargetkan, dan posisi
-          Segmentasi: proses membagi pasar menjadi subsetdari konsumen dengan kebutuhan umum ataukarakteristik
-          Penargetan: memilih satu bijih lebih segmen untuk mengejar
-          Posisi: mengembangkan gambaran yang berbedauntuk produk dalam pikiran  konsumen
-          Posisi sukses
-          Mengkomunikasikan manfaat produk, daripada fitur
-          Berkomunikasi proposisi penjualan unik untukproduk

17.  Bauran pemasaran
-          Produk
-          Harga
-          Tempat
-          Promosi

18.  Hubungan yang sukses
-          Nilai pelanggan
-          Kepuasan pelanggan
-          Retensi pelanggan

19.  Jenis pelanggan
-          Loyalis
-          Rasul
-          Pembelot
-          Teroris
-          Sandera
-          Tentara bayaran


20.  Pelanggan fokus profitabilitas pemasaran


-          Tier 1: Platinum
-          Tingkat 2: emas
-          Tingkat 3: besi
-          Tingkat 4: memimpin

21.  Konsep pemasaran social
Revisi konsep pemasaran tradisional yangmenunjukkan bahwa pemasar mematuhi prinsip-prinsip tanggung jawab sosial di pemasaran barangdan Jasa; itulah, mereka harus berusaha untukmemenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaranmereka dengan cara yang mempertahankan danmeningkatkan kesejahteraan konsumen danmasyarakat secara keseluruhan

Konsep pemasaran social
-          Semua perusahaan prosper ketika masyarakatmakmur.
-          Perusahaan, serta sebagai individu, akan lebih baikjika tanggung jawab sosial adalah komponenintegral dari setiap keputusan pemasaran.
-          Membutuhkan semua pemasar mematuhi prinsiptanggung jawab sosial.
-     Masukan :
-     Pengaruh eksternal :

22.  Usaha-usaha pemasaran perusahaan:
1. produk
2. promosi
3. harga
4. saluran distribusi

Penerangan lingkungan:

1. keluarga
2. informal sumber
3. sumber non-komersial
4. kelas sosial
5. subkultur dan budaya

- Proses :

Pengambilan keputusan konsumen:

Membutuhkan pengakuan     <====   Bidang psikologis
1. motivasi
2. persepsi
3. belajar
4. kepribadian
5. sikap

Cari prepurchase

<=====  Evaluasi alternatif                                Pengalaman
 


- Keluaran:
Pasca keputusan perilaku
Pembelian
1. sidang
2. ulangi pembelian

Evaluasi postpurchase           =====>    Pengalaman                                      

Gambar 1-1:
Model pengambilan keputusan konsumen







Tidak ada komentar:

Posting Komentar