KELAS : 3EA27
NPM : 17213013
PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen adalah
sebuah kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian suatu barang atau
jasa. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat
keputusan pembelian. Ketika memutuskan akan membeli suatu barang atau produk,
tentu sebagai konsumen selalu memikirkan terlebih dahulu barang yang akan
dibeli. Mulai dari harga, kualitas, fungsi atau kegunaan barang tersebut, dan
lain sebagainya. Kegiatan memikirkan, mempertimbangkan, dan mempertanyakan
barang sebelum membeli merupakan atau termasuk ke dalam perilaku konsumen.
Tentu sebagai konsumen, tidak ingin salah membeli suatu produk atau jasa, maka
dari itu perilaku konsumen diperlukan.
Yang termasuk ke dalam
perilaku konsumen selain mengenai kualitas produk, juga meliputi harga produk
atau jasa tersebut. Jika harga suatu produk tidak terlalu tinggi, maka konsumen
tidak akan terlalu lama membutuhkan waktu untuk memikirkan dan melakukan
aktifitas perilaku konsumen. Namun jika harga suatu barang atau jasa tersebut
bisa dibilang tinggi, atau mahal, maka konsumen tersebut akan memberikan usaha lebih terhadap barang tersebut.
Pembeli tersebut akan semakin lama melakukan perilaku konsumen, seperti
melihat, menanyakan, mengevaluasi, dan mempertimbangkan.
Pada
dasarnya, perilaku konsumen secara umum dibagi menjadi 2 yaitu perilaku
konsumen yang bersifat rasional dan irrasional. Yang dimaksudkan dengan
perilaku konsumen yang bersifat rasional adalah tindakan perilaku konsumen
dalam pembelian suatu barang dan jasa yang mengedepankan aspek-aspek konsumen
secara umum, yaitu seperti tingkat kebutuhan mendesak, kebutuhan utama/primer,
serta daya guna produk itu sendiri terhadap konsumen pembelinya. Sedangkan
perilaku konsumen yang bersifat irrasional adalah perilaku konsumen yang mudah terbujuk
oleh iming-iming diskon atau marketing dari suatu produk tanpa mengedepankan
aspek kebutuhan atau kepentingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar